Generasi Penjaga Bahasa Jawa

Rabu, 31 Agustus 2016 | 10:34 WIB

IMG20160829151120Adeffa Rasendriya Rashadi Laksono, siswa kelas 5 SD Labschool Unnes berhasil meraih juara III dalam Lomba Keterampilan Bahasa Jawa tingkat Kecamatan Gajahmungkur, 24 Agustus 2016 kemarin. Lomba tersebut merupakan rangkaian dari “Lomba Bahasa Jawa dan Siswa Berprestasi tahun 2016″ yang diselenggarakan oleh UPTD Pendidikan Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang dan diikuti oleh 33 sekolah dasar se-Kecamatan Gajahmungkur.

Sebagai perwakilan SD Labschool Unnes, Adeffa maju bersama Nathania Abigail Destiny. Pada lomba yang dilaksanakan di SD Labschool Unnes tersebut, Adeffa unggul dari sejumlah perwakilan siswa sekolah lain. Meski tidak menjadi juara pertama, Adeffa sudah merasa senang. Dia merasa surprise bisa menjadi yang terbaik ke tiga, mengingat proses lomba harus melalui beberapa tahap. Tahap pertama, setiap peserta dari 33 sekolah itu menjalani tes tertulis untuk mendapatkan 6 (enam) peserta terbaik.

Setelah lolos ke fase enam besar, setiap peserta diminta untuk menceritakan gambar yang disediakan oleh panitia lomba. Bersyukur, pada tahap ini dia berhasil meraih posisi ke tiga. “Semoga besok bisa menang, menjadi juara satu kalau ada lomba lagi,” kata Adeffa.

Ketika ditanya tentang kunci suksesnya meraih juara III, Adeffa menjawab bahwa dia hanya belajar dan banyak membaca PEPAK Bahasa Jawa. Selain itu, keberhasilannya juga tidak lepas dari Ibu Istika Ramadhani yang membimbingnya belajar bahasa Jawa.

Adeffa Rasendriya Rashadi Laksono adalah bagian dari generasi-generasi penjaga bahasa Jawa akan tak hilang termakan waktu.

Diunggah oleh: Agung Wiyanto

Tinggalkan Balasan