Sang Pembentuk Karakter

Senin, 22 Agustus 2016 | 15:07 WIB

20160822_083719Proses kegiatan belajar mengajar merupakan suatu sistem, dimana terdiri dari berbagai komponen yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi. Belajar sendiri pada hakekatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu sehingga belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman.

Kegiatan interaksi dalam proses belajar mengajar melibatkan pendidik atau dosen bertindak mendidik mahasiswa, mahasiswa dan lingkungan belajar. Tujuan kegiatan belajar mengajar adalah mengarah pada perkembangan mahasiswa menjadi mandiri yang memiliki segenap pengetahuan, sikap dan keterampilan yang memadai, yang bertujuan agar mahasiswa menjadi mandiri dan mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya melalui berbagai pengalaman yang telah dimiliki atau dengan kata lain membentuk karakter. Demikian sambutan Prof YL Sukestiyarno saat membuka pelatihan Pekerti yang diadakan oleh Pusbang Bahasa dan Pelatihan Pendidikan pada tanggal 22 Agustus 2016 bertempat di Gedung Rektorat ruang 404 dengan peserta sebanyak 39 dosen. Pelatihan Pekerti diadakan mulai tanggal 22-26 Agustus 2016

Lebih lanjut beliau perpesan sebagai agen karakter harus mampu menjadikan proses kegiatan belajar mengajar di kelas sangat menarik dimana mampu meningkatkan perhatian mahasiswa,membangkitkan dan memelihara motivasi mahasiswa, dapat mengontrol dan memodifikasi tingkah laku mahasiswa serta mendorong munculnya perilaku yang positif, dan dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada diri mahasiswa.

Oleh karena itu pelatihan dan lokakarya ini diadakan dengan tujuan memberikan bekal pada dosen sebagai sang pembentuk karakter agar bisa profesional. Selamat berlatih semoga menjadi dosen yang profesional. Demikian sambutan penutup Prof YL Sukestiyarno.

Diunggah oleh: Agung Wiyanto

Tinggalkan Balasan