Evaluasi Pelaksanaan PPL tahun 2018

Pelaksanaan PPL pada tahun 2018 telah usai. Dalam rangka perbaikan proses dan menjaring masukan agar pelaksanaan PPL tahun 2019 semakin baik, Pusat PPL LP3 menyelenggarakan Evauasi Pelaksanaan PPL tahun 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2018 di Hotel Grasia Semarang. Dr. Isnarto, M.Si, Kepala Pusat PPL dan Inovasi Pembelajaran, menyatakan bahwa ada 3528 Mahasiswa PPL yang berasal dari S1 Reguler. Ribuan mahasiswa tersebut ditempatkan pada sekolah mitra dan instansi yang tersebar di 262 sekolah/ instansi di Jawa Tengah, 1 di DKI, 1 di Bali, dan 9 Negara.

Kegiatan evaluasi tersebut, selain dimanfaatkan untuk memohon saran dan masukan atas penyelenggaraan PPL tahun 2018, juga dimaksudkan untuk memetakan kegiatan PPL pada tahun 2019, sekaligus sosialisasi PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) sebagai pengganti kegiatan PPL yang akan datang.

Selanjutnya, Ketua LP3 UNNES, Dr. Sugianto, menyampaikan bahwa LPTK bertugas untuk mendidik mahasiswa agar menjadi Guru yang profesional. Guru profesional artinya memiliki 4 kompetensi, yaitu Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi kepribadian. Bapak Ibu Guru, Kepala Sekolah, dan Instansi Mitra LP3 yang berperan dalam kegiatan PPL sangat membantu dalam menghasilkan Guru-guru Profesional yang akan datang.