Pelatihan Pengajaran BIPA Tingkat Dasar : Peserta Praktik Langsung Mengajar Orang Asing.

Semarang – Telah dilaksanakan pelatihan Pengajaran BIPA Tingkat Dasar di Gedung Pengembang Bisnis UNNES selama tiga hari (3-5/12). Pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Bahasa dan Pelatihan Pendidikan LP3 ini merupakan hasil kerja sama antara Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti oleh 16 orang peserta dengan profesi sebagai dosen. Pelatihan dibuka oleh Drs. Amir Sisbiyanto, M.Hum. selaku kepala pusat pengembangan bahasa dan pelatihan pendidikan LP3 pada pukul 14.00 WIB. Pelatihan Pengajaran BIPA Tingkat Dasar ini, terdapat sembilan sesi dengan tiga pembicara yang sudah melalang buana dan ahli dalam BIPA. Pembicara pertama merupakan praktisi BIPA dari UNNES sekaligus ketua APPBIPA Jawa Tengah yaitu Yusro Edy Nugroho, M.Hum. Beliau menyampaikan materi Standardisasi BIPA dan Pemanfaatan Media BIPA. Pembicara kedua yaitu Wati Istanti, S.Pd., M.Pd. seorang praktisi BIPA dari UNNES yang sudah melalang buana ke-6 negara, beliau menyampaikan materi Pemahaman Lintas Budaya, Strategi Pembelajaran BIPA, Best Practice Pembelajaran BIPA, serta Persiapan Praktik Mengajar BIPA. Pembicara terakhir didatangkan dari Jakarta yaitu seorang ahli BIPA dari kampus UI, beliau adalah Dr. Dwi Puspitorini, beliau menyampaikan materi yang kaitannya dengan Penggunaan Bahan ajar BIPA lingkup Tata Bahasa dan Evaluasi Pembelajaran BIPA.

Pelatihan diakhiri dengan peserta praktik mengajar BIPA secara langsung. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok dan mengajar orang asing secara langsung.

Seacara keseluruhan, Pelatihan Pengajaran BIPA Tingkat Dasar ini berlangsung secara menyenangkan dan penuh antusias. Hal tersebut dikarenakan penyampaian materi disampaikan dengan metode yang unik sesuai ciri khas pembicara dan terdapat praktik mengajar secara langsung di akhir pelatihan.