PENYERAHAN SERTIFIKAT DOSEN

Kamis (21/2) Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan kegiatan penyerahan Sertifikat Pendidik Dosen yang dibuka oleh WR I Prof. Dr. ZAENURI S.E, M.Si,Akt bertempat di Gedung Prof. Satmoko lantai 1, yang diihadiri oleh Ketua LP3, sekretaris LP3, Kapus Program PPG dan Sertifikasi LP3 dan 19 orang dosen penerima sertifikat,

Drs. Agus Yuwono, M.Si., M.Pd melaporkan pada tahun 2018 sertifikasi dilaksanakan dalam 3 tahapan/angkatan, dari ketiga angkatan ini UNNES hanya masuk di tahap pertama saja. Hal ini terjadi karena, pada periode kedua, data D3 yang muncul di system Dikti adalah nama peserta yang pada tahap pertama tidak dilanjutkan pada ke tahap selanjutnya karena factor kesehatan, nilai TKDA dan TOEP yang rendah. Sedangkan tahap 3 hanya diperuntukkan untuk PT mitra.

Berdasarkan hasil penilaian Tim penilai, dosen UNNES yang dinyatakan lulus sertifikasi sebanyak 19 orang yang terdistribusi ke 6 fakultas yaitu FIP ( 6 org), FBS ( 4 org), FT (3 org), FIK ( 3 org), FE (2 org), FH (1 org). Berdasarkan hasil tersebut WR I Prof. Dr. ZAENURI S.E, M.Si,Akt (dalam hal ini mewakili Rektor UNNES) memberikan selamat kepada Bapak/Ibu dosen yang telah menerima Sertifikat Pendidik. Selain itu WR I juga menyampaikan 2 hal pokok, pertama para dosen senantiasa meningkatkan kompetensi diri, diantaranya yang belum S3 segera melanjutkan S3. Kedua senantiasa meningkatkan kompetensi mengajar diantaranya melalui blended learning pada perkuliahannya, Hal ini tentu tetap tidak mengabaikan kompetensi yang lainnya.

Dosen yang cepat memperoleh kualifikasi dan jabatan tertinggi disuatu lembaga yakni dosen yang profesional di tri darma perguruan tinggi dan berbasis riset. Kuncinya seorang dosen cepat menjadi profesor yakni melakukan penelitian, karena meneliti nilainya tinggi. Untuk itu, mari semua dosen UNNES berlomba lomba untuk meningkatkan kualifikasi. Dengan meningkatnya kualifikasi UNNES bisa menjulang tinggi.