MENJADI GENERASI MUDA YANG KUAT, BERTAQWA, SEKALIGUS CERDAS

Manusia perlu keseimbangan antara dunia dan akhirat. Di madrasah, tentu untuk kesiapan kehidupan akhirat telah menyiapkan modal yang baik. Siswa perlu penyiapan yang baik untuk kehidupan dunia. Menjadi generasi muda yang kuat, bertaqwa sekaligus cerdas haruslah menjadi obsesi dari siswa SLTA. Hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Rusdarti, M.Si dalam kegiatan Professors Go to School yang diselenggarakan di Aula MAN Kendal. Prof Rusdarti mengingatkan bahwa masa remaja berpotensi untuk munculnya sikap negatif, disebabkan oleh alam pikiran kritis dalam melihat realita kehidupan. Apabila tidak diarahkan ke hal yang baik, berpotensi untuk terjadinya penyimpangan. Kegiatan kerohanian islam (rohis) menjadi jembatan untuk dapat mengarahkan siswa pada kegiatan positif. Perilaku tawuran, pandangan ketuhanan yang menyimpang, merupakan hal yang bisa ditangkal melalui kegiatan kerohanian Islam. Kegiatan kerohanian Islam harus mempunyai peran dalam bidang aqidah, syari’ah, dan akhlak. Perilaku terhadap sesama dan alam sekitar berbasis agama, perlu dikembangkan melalui rohis.
Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Kendal Mukhamad Muslikhan diikuti oleh 100 siswa dan 30 guru MAN Kendal. Muslikhan memaparkan bahwa saat ini, banyak alumni MAN Kendal yang melanjutkan studi di UNNES. Kemitraan dengan UNNES melalui kegiatan Professors Go to School diharapkan menambah kualitas kemitraan. Pengenalan UNNES pada siswa MAN Kendal diharapkan membuka wawasan siswa untuk menyiapkan diri memasuki dunia kampus. Antusias guru dan siswa tampak dari sesi tanya jawab. Diskusi tentang impor rektor, perkembangan ekonomi, dan cita-cita siswa terkait masa depannya menjadi topik menarik dalam diskusi. “Bagaimana caranya agar bisa menjadi dosen?”, tanya Muhammad Rifwan salah satu siswa MAN Kendal. Penyiapan diri untuk menjadi dosen, dipaparkan dengan jalas oleh narasumber.
Dalam sambutan pengantar, Kepala Pusat PPL LP3 UNNES Dr. Isnarto, M.Si menyampaikan bahwa animo masyarakat untuk menjadi mahasiswa UNNES sangat tinggi. Salah satu indikatornya adalah UNNES menjadi perguruan tinggi dengan peminat nomor lima terbanyak secara nasional dalam SBMPTN 2019, dengan peminat sebanyak 44.937 lulusan SLTA. Untuk menjadi mahasiswa UNNES, perlu penyiapan diri yang baik. Isnarto memaparkan bahwa ada 4 pintu masuk menjadi mahasiswa UNNES yakni Jalur Mandiri Prestasi, SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Siswa pada sekolah dengan basis keagamaan seperti MAN Kendal berpotensi untuk masuk UNNES melalui jalur mandiri prestasi bidang keagamaan yakni hafidz quran, lomba keagamaan, dan Komptensi Sain Madrasah (KSM).