PETUNJUK BELAJAR PERKULIAHAN LITERASI DIGITAL DAN KEMANUSIAAN

Yth. Ibu/Bapak Dosen Pengampu MKU Literasi Digital & Kemanusiaan

Berikut kami sampaikan:
PETUNJUK BELAJAR PERKULIAHAN LITERASI DIGITAL DAN KEMANUSIAAN

Mata kuliah ini merupakan perkuliahan dalam jaringan (online). Dosen dan mahasiswa tidak bertemu secara fisik, tetapi berinteraksi melalui sistem secara penuh. Perkuliahan dibagi dalam tiga tahap.
(1) Pendalaman materi dan diskusi
(2) Penyusunan tugas terstruktur sebagai pengganti nilai Ujian Tengah Semester
(3) Tes berbasis komputer secara terjadwal sebagai Ujian Akhir Semester

Tahap 1: Pendalaman materi dan diskusi (Minggu ke 1 – 7)
Pada tahap ini ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa:
(1) Mempelajari materi yang telah disiapkan oleh dosen. Materi berupa teks dan media yang terdapat dalam tiap topik.
(2) Dosen akan membuat topik diskusi pada tiap kegiatan belajar. Oleh karena itu, mahasiswa mengikuti diskusi dan berperan aktif dalam menaggapi topik yang telah dibuat oleh dosen. Diskusi dilakukan dalam setiap kegiatan belajar. Ketidakaktifan mahasiswa dalam berdiskusi berdampak pada status kehadiran mahasiswa dalam sistem mulang.
(3) Mengerjakan kuis di setiap akhir kegiatan belajar. Mahasiswa yang belum mengikuti diskusi dan tuntas dalam mengerjakan kuis tidak dapat melanjutkan perkuliahan ke kegiatan belajar selanjutnya.

Tahap 2: Penyusunan tugas terstruktur sebagai pengganti nilai Ujian Tengah Semester (Minggu ke 8-11)
Pada minggu ke 8, dosen akan memberikan tugas kepada mahasiswa yang disetarakan dengan Ujian Tengah Semester (UTS). Oleh karena itu, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menyelesaikan tugas dalam waktu empat minggu dan mengunggahnya dalam sistem ini.

Tahap 3: Tes berbasis komputer secara terjadwal sebagai Ujian Akhir Semester (Minggu ke 12-16)
Pada minggu ke 12-16, selama 4 minggu mahasiswa akan dijadwalkan untuk mengikuti tes berbasis komputer (computer based test). Hasil tes ini dijadikan sebagai nilai untuk ujian akhir semester. Jadwal akan disusun oleh pihak LP3 dan diberitahukan kemudian kepada mahasiswa.

APA YANG PERLU DILAKUKAN OLEH DOSEN?
1. Di awal perkuliahan membuat topik diskusi untuk pertemuan 1-7.
2. Di akhir minggu dosen memberikan tanggapan umum terhadap tanggapan mahasiswa di forum diskusi. Dosen dapat memberikan penilaian terhadap tanggapan mahasiswa.
3. Pada minggu ke 8, dosen membuat penugasan sebagai pengganti Ujian Tengah Semester. Waktu untuk mengerjakan tugas adalah 4 minggu sampai pertemuan ke 11.
4. Pada pertemuan ke 12-16, dosen memberikan penilaian terhadap tugas.
5. Di akhir perkuliahan, dosen mengunggah nilai harian dan nilai tugas pengganti UTS. Nilai harian didasarkan pada aktivitas diskusi dan hasil dari kuis pada tiap kegiatan belajar.

Terima kasih, semoga sukses. Amin
Hormat kami,
-Tim Pengembangan MKU Literasi Digital & Kemanusiaan-