LP3 sebagai salah satu unit di UNNES telah berupaya untuk turut serta mendukung kerjasama lembaga dengan melakukan kegiatan-kegiatan kependidikan maupun non-kependidikan melalui kegiatan kerjasama dengan institusi atau mitra dalam ranah nasional maupun internasional. Gugus kerjasama yang merupakan kepanjangan tangan dari LP3 UNNES di bidang kerjasama, melaksanakan kerjasama di berbagai bidang yaitu,

1. PPL Reguler dan PPG

PPL Reguler merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan di UNNES, di bawah manajemen Pusbang PPL dan Lab School LP3. PPL Reguler mewadahi lebih dari 4.000 mahasiswa UNNES untuk dapat melaksanakan praktik mengajar di lebih dari 300 institusi, baik sekolah maupun lembaga.

2. PPL Antarbangsa

PPL Antarbangsa merupakan subkegiatan di bawah Pusat Pengembangan PPL dan Lab School. PPL Antarbangsa bermitra dengan institusi mitra luar negeri dan NGO, dalam kaitannya dengan ini, NGO rekanan LP3 adalah DeJavato. Mitra PPL Antarbangsa terbagi menjadi dua yaitu ke luar dan ke dalam. Keluar, LP3 bermitra dengan institusi dan NGO untuk mewadahi kegiatan praktik mengajar mahasiswa semester 7 di sekolah praktik di luar negeri. sedangkan mitra ke dalam negeri, LP3 memfasilitasi kegiatan praktik mengajar mahasiswa asing di sekolah mitra yang memiliki perjanjian dengan UNNES.

3. Sekolah Laboratorium

Sekolah Laboratorium memiliki banyak tamu dari luar institusi yang ingin bekerja sama untuk memiliki kegiatan bersama. Selama ini, sekolah laboratorium juga seringkali diminati sebagai tempat magang atau praktik mengajar dari universitas asing/luar negeri, menjadi sekolah model pendidikan hidup atas hasil kerjasama dengan PKBI Provinsi Jawa Tengah, serta bekerjasama dengan institusi lain seperti Unimus untuk pengadaan pengecekan kesehatan bagi siswa dan dengan Polrestabes Kota Semarang untuk Pendidikan Kecakapan Lalu Lintas.

4. Pengembangan Karir

Di bawah Pusat Pengembangan BK dan Karir, LP3 menjalin kerja sama dengan perusahaan atau institusi lain. Perusahaan tersebut akan berkaitan erat dengan kegiatan job fair yang dilakukan di UNNES.

5. Pelatihan Applied Approach dengan Mitra Luar Unnes

Kegiatan ini adalah kegiatan tindak lanjut kerjasama antar instansi perguruan tinggi yang sudah terlindungi oleh MoU atau nota kesepahaman dalam hal peningkatan kompetensi dosen.

6. Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru

LP3 melalui Pusat Pengembangan Bahasa dan Pelatihan juga mengakomodasi kebutuhan Guru-Guru akan peningkatan kompetensi pedagogik dengan bekerjasama dengan sekolah-sekolah mitra atau Dinas Pendidikan.

7. Professor Goes to School

Professor Goes to School adalah salah satu kegiatan andalan LP3 sebagai upaya realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi para profesor. Profesor-profesor yang dimiliki UNNES berperan sebagai narasumber dalam kegiatan seminar terkait dengan topik-topik yang dikuasai oleh profesor tersebut kepada guru-guru dan Kepala Sekolah di sekolah-sekolah mitra UNNES. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara LP3 dengan sekolah-sekolah dan Dinas Pendidikan.

8. Pelatihan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA)

Dalam kaitannya dengan pelatihan Bahasa, khususnya dalam hal ini Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), LP3 telah melaksanakan beberapa kegiatan yang sifatnya rutin tiap tahun, di antaranya: (1) Pelatihan BIPA untuk mahasiswa program Darmasiswa; (2) Pelatihan BIPA untuk program BIPA Mandiri; (3) Pelatihan BIPA untuk program Short Course Guru-guru dari Queensland Australia yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah; (4) Pelatihan BIPA program See-CONIC; (5) Pelatihan BIPA program Sport Students Exchange (SSE); (6) Pelatihan BIPA untuk Dosen Asing di UNNES; (7) Pelatihan BIPA untuk Tenaga Kerja Asing (TKA).