Ketika sekarang dimana semakin beragamnya kemunculan sekolah dengan keunikan dan keunggulannya masing-masing maka tantangan untuk menjadikan Labschool UNNES menjadi sekolah yang “lain daripada yang lain” semakin
tinggi. Semangat untuk memajukan Labschool UNNES untuk siap bukan bertanding tapi ikut serta melayani kebutuhan masyarakat di bidang pendidikan khususnya pada anak usia dini dan sekolah dasar.
Pendidikan yang “bukan pada umumnya” tapi mutlak harus pendidikan yang selaras dengan perkembangan anak, menyenangkan dan inovatif. Untuk itu Labschool UNNES mempersiapkan diri dan terbuka dengan segala perubahan jaman yang semakin maju tanpa meninggalkan unsur kearifan lokal tapi berani mengejar reputasi internasional.
Kerjasama banyak dilakukan dengan instansi pemerintah atau swasta di skala nasional tapi mulai juga melakukan kerjasama dengan dunia internasional. Tak kurang dari lima negara yang pernah berkunjung bahkan bekerjasama dengan Labschool UNNES seperti UPSI Malaysia, Australia, Finlandia, Jepang, Taiwan dan masih banyak lagi. Saling mengagumi dan memberikan ide brilian demi kemajuan sekolah. Spirit seperti ini yang harus terus kami pertahankan. Kami akan terus berjuan membawa Labschool menjadi semakin lebh baik ke depan. Jaya Labschool UNNES! Jaya Indonesia!