A. Labschool UNNES

Labschool Universitas  Negeri Semarang merupakan lanjutan dari lembaga yang telah ada sebelumnya yang di miliki IKIP Negeri Semarang yaitu  sekolah Proyek Perintis Sekolah  Pembangunan (PPSP)  Tahun 1972 dan dibubarkan tahun 1989 menjadi SMA Negeri 5 Semarang.

Seiring dengan bergantinya nama IKIP Semarang menjadi Universitas Negeri Semarang maka itulah awal mula berdirinya Labschool UNNES sebagai wadah praktis mengajar, penelitian pendidikan dan inovasi pendidikan. Rektor UNNES mengembangakn sekolah Labortorium  tingkat  PAUD yaitu Kelompok Bermain ( KB ) dan Taman Kanak – Kanak (TK )   serta  Sekolah Dasar (SD), berstatus  swasta  berada dibawah  Universitas Negeri Semarang  dengan dasar  SK Rektor No 105/O/2008 tanggal 26 Juni 2006 tentang Pendirian Sekolah Laboratorium (Labschool)  dan  SK Rektor No 106/P/2008 tentang Pengangkatan Pengelola Sekolah Laboratorium ( Labschool) Universitas Negeri Semarangnya.

  1. Kelompok Bermaian (KB) Labschool UNNES didirikan dan mulai beroperasi sejak tanggal 1 April 2008 menempati lokasi lama di Jl. Kelud Utara III G. 21 – 24 Kampus UNNES. Dengan  ijin operasional  Dinas Pendidikan  Kota Semarang Nomor 420/ 2296  Tahun 2010 .
  2. Taman Kanak-Kanak (TK) Labschool UNNES di dirikan dan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Juni  2009 menempati lokasi lama di Jl. Kelud Utara III G. 21 – 24  Kampus UNNES. Dengan  ijin operasional  Dinas Pendidikan  Kota Semarang Nomor 820/ 4033  Tahun 2010  , NPSN 20360516 dan NSS 0020301304035.
  3. Sekolah Dasar Labschool (SD) LabSchool UNNES di dirikan dan mulai beroperasi sejak tanggal 1 April 2008 menempati lokasi lama di Jl. Kelud Utara III G. 21 – 24  Kampus UNNES. Pada awal pendirian diperoleh siswa SD sebanyak 40 siswa dibagi menjadi dua rombel. Setiap Tahun jumlah kelas bertambah dan SD memiliki kelas pararel, Dengan  ijin operasional  Dinas Pendidikan  Kota Semarang Nomor 484/4546/Th. 2009/ NPSN : 20350415, NSS: 102030104032.

Pada tahun 2012 kampus Labschool UNNES berpindah dari Kelud ke kampus baru di jalan Menoreh Tengah X No.4 Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Sejak tahun itu pula Labschool UNNES betul-betul berbenah utamanya dalam memanfaatkan sarana dan prasarana yang lebih lengkap demi memajukan sekolah menjadi lebih baik dan sukses.

 

B. Visi dan Misi Lembaga

Visi

Menghasilkan Insan Yang Religius, Berkarakter Kebangsaan, Berwawasan Konservasi Dan Unggul Dalam Prestasi

Misi

  • Menyelenggarakan sistem pendidikan yang menghasilkan insan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan mengintegrasikan nilai-nilai religius di dalam proses pembelajaran
  • Menyelenggarakan sistem pendidikan yang menghasilkan insan yang berkarakter kebangsaan Indonesia melalui pendidikan budi pekerti dengan pendekatan pembiasaan
  • Menyelenggarakan sistem pendidikan yang menghasilkan insan yang berwawasan konservasi dengan mewujudkan sekolah yang bersih dan hijau
  • Menyelenggarakan sistem pendidikan yang menghasilkan insan yang unggul dalam prestasi dengan mengembangkan anak agar lebih kreatif, inovatif, dan inventif

C. Program Layanan dan Keunggulan

1. Kelompok Bermain : usia 2 – 4 tahun

Model sentra yang dikembangkan Creative Curriculum mengelola kegiatan pembelajaran yang seimbang antara bimbingan guru dengan inisiatif anak. Bermain dipandang sebagai kerja otak sehingga anak diberi kesempatan untuk memulai dari mengembangkan ide hingga tuntas menyelesaikan hasil karyanya “start and finish”. Dukungan guru memfasilitasi anak mengembangkan kecakapan berpikir aktif dan anak diberi keleluasaan untuk melakukan berbagai kegiatan untuk mendapatkan pengalaman tentang dunia sekelilingnya. Semua sentra yang didesain ini diberikan kepada siswa melalui metode “Moving Class”. Setiap hari anak akan bertemu dengan variasi sentra dan kegiatan yang akan menarik minat anak serta menumbuhkan kemandirian sejak dini. Pengembangan dan perencanaan kegiatan juga disesuaikan tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya mengacu pada DAP (Developmentally Appropriate Practise).

Pencapaian akreditasi lembaga A untuk Kelompok Bermain Labschool UNNES semakin memantapkan untuk memberikan layanan pembelajaran yang maksimal dan senantiasa mengikuti perkembangan jaman sesuai usia anak.

Kerjasama dengan beberapa universitas negeri dan swasta dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak  (-cara merawat gigi/gosok gigi yang baik dan benar bersama Dosen dan Mahasiswa Universitas Ngudi Waluyo Semarang)

Beberapa aspek perkembangan anak usia 2 – 4 tahun berusaha dikembangkan secara maksimal dengan menitikberatkan pada kemandirian, sosialisasi dan motoric dengan memperhatikan karakter dan kondisi masing-masing anak. Pada anak yang memiliki perkembangan baik di setiap aspek maka harus selalu dikembangkan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan untuk persiapan kelas Taman kanak-kanak.

Prestasi  adalah pembuktian dan hadiah atas keberhasilan  mereka selama proses pembelajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah. Kelompok Bermain Labschool UNNES memberikan ajang pencapaian prestasi tersebut baik even yang diadakan di sekolah maupun yang dilaksanakan oleh lembaga sekolah atau instansi pemerintah dan swasta . Bukan target kemenangan tapilebih pada upaya meningkatkan rasa percaya diri, mengembangkan bakat dan minat siswa serta kecerdasannya.

Melalui program “Multimedia Learning” adalah komitmen Kelompok Bermain Labschool UNNES untuk menjauhkan kecenderungan anak pada ketergantungan gadget. Guru menciptakan ptogram pembelajaran multimedia interaktif.

Melalui visi menghasilkan insan yang religious maka Kelompok Bermain Labschool UNNES mengajarkan iman sesuai agamanya masing-masing dan menumbuhkan rasa toleransi kepada sesama manusia dan rasa mencintai lingkungan ciptaan Tuhan. Rasa relijiusitas yang menyeluruh ini perlu ditanamkan sejak dini

 

2. Taman Kanak-kanak : usia 4 – 7 tahun

Kurikulum yang terencana adalah elemen inti pada program sekolah. Kurikulum di Taman Kanak-kanak Labschool UNNES dirancang khusus sesuai usianya dan bukan hanya sekedar “tempat bermain”. Orangtua akan melihat siswa sibuk dengan melukis, bermain balok, mengukur, mengelompokkan dan mengklasifikasikan benda, perisapan pra-menulis dan pra-membaca. Komitmen sekolah untuk tidak menyesaki siswa dengan lembar kerja siswa yang tidak saja merugikan anak tapi juga tidak merangsang inisiatif dan kreativitas guru dalam melaksanakan program “Gerakan Sekolah Menyenangkan”. Kurikulum sangat fleksibel, diutamakan pada pengalaman belajar aktif melalui berbagai materi yang didesain sedemikian rupa sebagai kebutuhan siswa dan guru. Pembelajaran didasarkan pada unsur-unsur yang penting yang diidentifikasi melalui Peraturan Pemerintah tentang standard Kurikulum Taman Kanak-kanak dan pengembangan dari masing-masing guru.

Pencapaian akreditasi lembaga A untuk Taman Kanak-kanak Labschool UNNES semakin memantapkan untuk memberikan layanan pembelajaran yang maksimal dan senantiasa mengikuti perkembangan jaman sesuai usia anak.

Program parenting adalah program sekolah pengembangan dari PAUD Holistik Integratif , bekerjsama dengan para akademisi (Dosen dan Motivator) juga lembaga mitra dengan mengangkat tema seusia dengan kebutuhan orangtua dan sekolah.

Kunjungan dari lembaga sekolah lain atau instansi Pemerintah baik dari dalam dan luar negeri merupakan salah satu bukti eksistensi PAUD Labschool UNNES sebagai salah satu sekolah unggulan di Kota Semarang. (Taman Kanak-kanak Labschool UNNES menerima kunjungan studi banding dari Pemerintah Kota Belu sebagai tamu Dinas Pendidikan Kota Semarang)

Prestasi siswa dan sekolah membuktikan sebagai lembaga unggulan dan kemampuan siswa mengembangkan potensinya.

Kelas yoga sebagai salah satu program unggulan sekolah sebagai proses “Self Regulation Skills”

 

 

 

 

 

 

Penugasan Dosen di Sekolah merupakan program dari LP3 UNNES yang menugaskan dosen untuk terjun langsung mengajar siswa di sekolah. Tahun 2018 dengan mengangkat tema eksplorasi kelas sesuai tema pembelajaran, berdampak positif pada pembelajaran di Taman Kanak-kanak Labschool UNNES. Para Dosen mampu memberikan inovasi pembelajaran yang sangat mudah untuk diaplikasikan oleh guru dan membuat siswa merasa enjoy dengan metode pembelajaran baru.

3. Sekolah Dasar : mulai usia 7 tahun

SD Labschool UNNES adalah sekolah yang berada di bawah naugan LP3 UNNES Semarang. Salah satu sekolah swasta yang mempunyai konsep Sekolah Menyenangkan dengan pendekatan pembelajran Joyful and meaningful learner. Selain itu, SD Labschool UNNES juga menggunakan Multimedia Interaktif sesuai dengan perkembangan zaman.

 

D. Rencana ke Depan

1. Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak

Program yang akan diunggulkan dan dikembangkan oleh unit Kelompok Bermain adalah :

  • Inovasi pembelajaran di sentra balok
  • “Pembelajaran Eksplorasi Usia Dini disesuaikan dengan tema pembelajaran yang akan dibahas bersama siswa
  • Rintisan Toddler Program untuk usia 1 sampai dengan 2,5 tahun

Di Labschool UNNES, program ini dibuat untuk memberikan kesempatan bagi Balita Anda untuk menjelajahi dunia mereka secara fisik dan mental di dalam dan di luar kelas. Kegiatan terstruktur diperkenalkan untuk memfasilitasi rasa belajar yang kuat pada anak. Kegiatan pembelajaran tidak terbatas pada: Circle time, Balok,  puzzles, sains, dsb. Balita juga melanjutkan eksplorasi pembelajaran mereka melalui konsep warna,ukuran, kosa kata, kreativitas artistik, tarian dan musik. Balita Anda akan belajar tentang dunia di sekitar mereka dan dibawa untuk menjelajahi dunia mereka secara fisik, emosional, dan mental melalui pembelajaran yang terstruktur dan menyenangkan.

  • Rintisan PAUD Holistik Integratif

Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif yang selanjutnya disingkat PAUD HI adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi. (sesuai Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD 3 pengertian di Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Pelaksanaan PAUD HI dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas, dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas dan kompetitif.

  • Pengembangan multimedia pembelajaran
  • English as a second language

 

2. Sekolah Dasar

#MILLENNIALSCHOOL

Deskripsi singkat : Evaluasi pembelajaran berbasis permainan digital. Aplikasi dibuat secara free di appgeyser.com kemudian diunggah ke google play sehingga semua siswa dapat mendownload secara mandiri lewat HP masing-masing.

#FUNENGLISH

Kegiatan bersama antara guru, orang tua, dan murid untuk belajar bahasa Inggris bersama.

Kegiatan bersama antara guru dan murid SD yang terpilih untuk memberikan pengajaran kepada anak TK, tentang pembelajaran bahasa Inggris yang interaktif dan menyenangkan.

  • Bermain sambil belajar
  • Story Telling

#BOOKREVIEWTIME (BRT)

BRT for LOWER LEVEL (1-3)

  • Membaca buku bahasa Inggris dengan ketebalan antara 1-25
  • Mereview buku di hadapan reading coach setiap 6 bulan sekali pada akhir semester
  • Dipilih 1 orang duta membaca perkelas untuk mereview bukunya dihadapan kelas yang lain

BRT for UPPER LEVEL (4-6)

  • Membaca buku bahasa Inggris dengan ketebalan antara 1-50
  • Mereview buku di hadapan reading coach setiap 6 bulan sekali pada akhir semester
  • Dipilih 1 orang duta membaca perkelas untuk mereview bukunya dihadapan kelas yang lain